Udang balado awak

December 25, 2015

image

Udang memiliki cita rasa yang lembut, manis, gurih dan lezat. Udang bisa dimakan semua orang mulai dari anak kecil, remaja, dewasa hingga orang tua. Udang juga memiliki berbagai kandungan nutrisi seperti protein, vitamin, mineral dan asam lemak tak jenuh. Rasa udang yang lembut ternyata juga tidak mengandung merkuri sehingga aman dikonsumsi oleh siapa saja. Anda bisa membuat salah satu sajian khas udang yang akan digemari semua orang atau anggota keluarga Anda. Berikut ini adalah Cara memasak Udang Balado khas Padang.

Bahan-bahan

12 siang bawang merah.
1 ons cabai merah (campur cabai rawit)
2 buah tomat berukuran sedang
300 gram udang segar.
Minyak Goreng
Garam dan Perasan jeruk nipis.

Petunjuk Membuat
Untuk mendapatkan cita rasa udang yang sangat khas, maka Anda bisa mengikuti beberapa petunjuk dibawah ini.

1.     Kupas kulit keras udang hingga bersih dan cuci dengan air mengalir.

2.     Rendam udang dalam perasan jeruk nipis agar udang tidak berbau amis.

3.     Panaskan minyak dan goreng udang hingga berwarna keemasan.

4.     Haluskan bumbu seperti bawang merah, cabai,dan tomat. Berikan garam sesuai dengan selera.

5.     Panaskan minyak dan tumis semua bumbu halus hingga benar-benar matang.

6.     Masukkan udang dan masak hingga matang.

7.     Angkat jika semua bumbu sudah meresap ke semua bagian daging udang.

Bahan Campuran dan Kombinasi Rasa

Untuk menambahkan cita rasa masakan udang maka Anda juga bisa memakai beberapa bahan campuran. Salah satunya adalah petai. Petai akan menghilangkan bau amis ikan dan membuat sajian beraroma sangat harum. Selain itu Anda juga bisa membuat kreasi sajian ini dengan beberapa bahan campuran lain seperti tomat hijau, sayur daun bawang dan beberapa bahan lain. Buat kreasi sesuai dengan selera Anda.

Keuntungan Makan Sajian Udang Pedas Manis

Udang adalah sumber  nutrisi yang sangat baik untuk kita. Udang bisa membuat kebutuhan protein dan nutrisi lain terpenuhi. Selain itu konsumsi udang juga bisa menurunkan berat badan karena menjadi pengganti lemak dari daging. 

Berikut ini beberapa keuntungan konsumsi masakan udang dengan olahan pedas manis.

Sajian udang dengan rasa pedas dan manis akan meningkatkan energi karena udang bisa menjadi sumber protein. Protein diperlukan oleh tubuh untuk membuat cadang energi dan memecah lemak.

Sajian udang dengan cita rasa pedas manis bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. hal ini disebabkan karena cabai banyak mengandung zat warna merah alami dan vitamin C.

Masakan udang juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Tips Konsumsi Sajian Udang

Jika Anda ingin makan udang maka ada beberapa perhatian yang sangat penting. Beberapa orang memiliki masalah alergi udang sehingga akan timbul rasa gatal atau pusing sesaat. 

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengkonsumsi masakan udang.

1.     Pastikan Anda hanya memakai jenis udang yang masih segar atau baru saja dipanen. Jangan memasak udang yang sudah lembek karena mungkin bisa terkontaminasi bakteri atau racun.

2.     Bersihkan udang dengan air mengalir agar semua sisa kotoran udang bisa keluar.

3.     Sajikan udang ketika benar-benar sudah matang.

4.     Jangan pernah menyimpan sajian udang dalam waktu yang lama di kulkas agar tidak terkontaminasi bakteri yang bisa menjadi racun.

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: