introvert atau extrovert

December 8, 2015

Tak semua orang pendiam itu introvert, dan tak semua orang yang bawel itu extrovert. Pada kenyataannya, introvert adalah orang-orang yang mendapatkan energi dari dalam dirinya sendiri, sementara extrovert mendapatkan energi dari dunia luar. Itulah mengapa introvert merasa harus lebih banyak terhubung dengan diri sendiri lewat waktu pribadi alias me-time, sementara extrovert akan merasa lebih bersemangat jika ia bisa berinteraksi dengan banyak orang.

Tak semua orang nyaman menghabiskan waktunya dengan orang-orang baru yang tidak dikenal. Jika tergolong introvert yang lebih nyaman menyendiri dan hanya bergaul dengan teman-teman dekat, terkadang memiliki profesi yang mengharuskan untuk sering bertemu orang baru dan menambah kenalan bisa jadi melelahkan.

Hasil tes sederhana berikut adalah saya;

Kamu paling benci dibilang pemalu, pendiam, atau bahkan jutek. Padahal sebenarnya kamu tak banyak bicara karena ada terlalu banyak hal di dalam pikiranmu yang tak mungkin semuanya diungkapkan. Jadi wajar jika kamu lebih nyaman berkomunikasi lewat tulisan karena kamu jadi punya waktu untuk meng-organize isi pikiran terlebih dulu. Kamu senang berkumpul dengan teman-teman dekat, tapi saat harus berinteraksi dengan banyak orang tak dikenal, biasanya kamu merasa lelah dan butuh istirahat dengan cara menikmati me-time.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: