OJK: Enam Juta Orang Jadi Peserta Asuransi Mikro

February 27, 2015

Jakarta – Program asuransi mikro semakin meluas. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat  peserta asuransi mikro pada 2014 mencapai enam juta orang.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank Otoritas Jasa Keuangan Firdaus Djaelani seperti dikutip Jumat (6/2/2015).

“Ada 53 perusahaan yang menjual produk asuransi mikro dengan premi bruto sekitar Rp106 miliar dan dengan klaim bruto sekitar Rp71 miliar,” kata Firdaus.

Ia mengatakan produk asuransi mikro adalah upaya untuk mengenalkan asuransi kepada masyarakat kelas bawah.

Menurutnya jika Indonesia telah berhasil menaikkan angaka pertumbuhannya, dan penduduk kelas bawah sudah beranjak menjadi penduduk kelas menengah akan mudah untuk membeli produk asuransi yang lainnya.

Distribusi produk asuransi mikro menjadi salah satu masalah, karena untuk menyebarluaskan produk itu tidak mungkin melalui agen asuransi.

“Sebab itu penjualan produk tersebut melalui operator telepon, pegadaian serta mini market,” kata dia.

Rencananya edukasi asuransi mikro tahun ini akan dilakukan serempak di 16 provinsi yaitu Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Timur, Maluku, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Aceh, Bengkulu, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Bali.

Asuransi mikro adalah asuransi yang diperuntukkan untuk masyarakat kelas bawah di mana preminya murah dengan maksimal Rp50 ribu per tahun, santunannya kecil, proses klaim gampang dan diberikan kartu kepesertaan sebagai ganti polis.

Peluncuran asuransi mikro telah dilakukan pada 17 Oktober 2013 oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jenis-jenis asuransi mikro adalah Asuransi Mikro Syariah si Bijak, Asuransi Mikro si Peci, Asuransi Mikro Warisanku, Asuransi Mikro Rumahku, Asuransi Mikro Stop Usaha (Gempa Bumi), Asuransi Mikro Stop Usaha (Erupsi).
(Sumber: rimanews.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: