Kenali 4 Tipe Konsumen untuk Kembangkan Asuransi Mikro Syariah

February 27, 2015

Jakarta – Anggota Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Adimarwan A. Karim menyatakan, strategi mengembangkan asuransi mikro syariah dapat dilakukan dengan cara mengenali tipe konsumen muslim dalam merespon produk syariah.

“Tipe konsumen ada empat, yang pertama konsumen apatis. Pemahaman produk tidak penting bagi dia yang penting harga produk murah,” kata Adimarwan A. Karim di Jakarta, Kamis (26/2).

Kemudian, konsumen tipe rasional. Konsumen tipe seperti ini mementingkan fitur-fitur dan kritis terhadap pemahaman produk.

Tipe ketiga adalah tipe universal, tipe konsumen ini menginginkan transparansi dari penjualan produk yang ditawarkan.

Dan tipe yang terakhir adalah tipe “conformist”. Kelompok konsumen ini lebih mementingkan produk yang benar-benar Islami.

Menurut dia, pendekatan kepada masyarakat dalam pengembangan asuransi mikro syariah tidak dapat disamakan. Karena kebutuhan masing-masing nasabah berbeda, yang disebabkan oleh kondisi sosial, ekonomi, budaya dan tempat tinggal yang membentuk konsumen.

“Menggunakan bahasa lokal penting untuk mengenalkan produk syariah kepada masyarakat lokal, agar mereka lebih gampang menerima dan mengerti asuransi mikro syariah, tidak perlu menggunakan istilah-istilah yang mereka tidak mengerti,” kata dia.

Selain itu, ia mengatakan, dalam menjalankan bisinis asuransi mikro syariah harus dapat memisahkan yang haram dan halal.

Ketua Umum Asuransi Syariah Adi Praman mengatakan, masalah mengembangkan asuransi mikro syariah tidak hanya pada distribusi namun juga pada masalah klaim dan pengaduan.

“Masyarakat yang membeli produk asuransi mikro di koperasi, harusnya juga dapat melakukan klaim dan pengaduan di koperasi juga,” kata dia.

Ia mengatakan, inovasi produk juga dibutuhkan untuk membedakan produk asuransi mikro konvensional dengan produk asuransi mikro syariah yang menjadi daya tarik tersendiri.

Ia menginginkan, asuransi syariah kedepannya tidak hanya sebagai pelengkap saja. Tapi juga sebagai pilihan masyarakat.

(Sumber: skalanews.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: