Mengingat mu

September 13, 2010

image

Seandainya suami mengetahui perasaan perih yang luar biasa ketika proses bersalin,  sudah barang tentu tidak akan melakukan hal yang membuat sakit dan melukai istrinya. Banyak kebaikan dan jasa seorang istri yang mungkin terlupakan atau luput dari perhatian seorang suami. Apa saja kebaikan seorang istri  :

1. Kebersediannya untuk menjadi teman hidup, mendampingi perjalanan hidup anda dengan status sebagai istri adalah berkah dari Allah, niat tulus hatinya meski dia tidak mengetahui apakah kelak ia akan bahagia ataukah tidak dalam perjalanan  mengarungi kerasnya gelombang hidup adalah hal yang mungkin tidak anda perhatikan ;

2. Nikmat Allah dengan diberikannya seorang istri adalah tunduknya pandangan, hidup anda (suami) lebih terarah dan fokus, tidak macam-macam dan berlaku aneh, terhindar dari maksiat kepada Allah.

3. Dialah yang selalu anda dalam terpaan panas terik, dinginnya malam. tak pernah jauh melewati suka dan nestapa. pendengar yang baik dari keluh kesah anda.

4. Mengandung calon penerus anda selama jangka waktu yang lama, tak terbayangkan menahan beratnya mengandung 9 bulan, melewati proses melahirkan yang tidak mudah, memberi asupan gizi dari tubuhnya sendiri (ASI);

5. Membesarkan, mendidik, mengajari berjalan, bicara, dan lain-lain. hingga ia-pun menjadi madrasah utama bagi pendidikan anak anda ;

6. Dia (istri) adalah teman hidup yang tak kenal letih melayani anak-anak dan suami dalam berbagai keadaan, bahkan disaat seorang istri sedang tidak enak badan atau ketika sakit.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menempatkan istri sebagai orang yang sangat dihormati, diberikan kebebasan dan kepercayaan mengatur urusan rumah, tentu diberikan kasih sayang yang tinggi. Beliau sangat perhatian pada istrinya, beliau memberikan kepedulian yang tinggi, beliau mencegah agar istri tidak meneteskan air mata (tidak membuat sedih), beliau menjaga perasaannya, mendudukkannya sebagai pendamping, beliau mendengarkan dan menyimak pengaduannya, menghilangkan kesedihannya dan tidak meremehkannya.

Rasulullah SAW bersabda : “Tidak boleh suami membuka keburukan istri, kalaulah dia tidak suka sesuatu yang ada pada istri, pasti di sana banyak hal yang menyenangkan” (HR.Muslim).

Laki laki yang mencintai wanita, sebaiknya melihat sisi sisi baiknya saja. Jangan melihat keburukannya, nanti anda akan mengalami kesulitan dalam membangun komunikasi dengannya. Angkat kebaikannya dan kembangkan kebaikannya, karena itulah yang akan menutup semua kekurangannya. Dengan melihat kebaikannya saja, anda akan semakin bertambah sayang kepadanya.

Aisyah ditanya,apa yg dilakukan Rasulullah dalam rumahnya? Aisyah menjawab : “Rasulullah selalu melakukan apa yg dilakukan istrinya” (HR.Bukhari ).

Cinta kepada istri berarti memperhatikan dan membantu pekerjaan istri di rumah. Jangan karena sudah bekerja diluar, lalu dirumah tidak mau membantu istri.

Seorang istri dialah yang menyempurnakan setengah agama anda, dialah bagian dari setengah hidup anda (suami) istri?, masihkan tidak akan berlaku sayang pada istri?, masihkah tidak akan memberikan perhatian pada istri? masihkah tidak akan menghargai kebaikannya ….
sesungguhnya sebaik-baik dari seorang lelaki adalah mereka yang perlakuannya sangat baik terhadap istrinya.

Wallahu A’lam Bishshawab

Sumber : Ustadz Yusuf Mansyur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: