Posted by: fadla | July 2, 2008

siup – Surat Izin Usaha Dagang

SIUP adalah Izin Usaha yang dikeluarkan Instansi Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota/Wilayah sesuai domisili perusahaan. SIUP digunakan untuk menjalankan kegiatan usaha dibidang Perdagangan Barang/Jasa di Indonesia sesuai dengan KLUI “Klasifikasi Lapangan Usaha Indonesia”.

PENGGOLONGAN SIUP
Berdasarkan besarnya jumlah Modal dan Kekayaan Bersih di luar tanah dan bangunan atau jumlah modal disetor dalam akta pendirian/perubahan, maka penggolongan SIUP dibedakan menjadi 3 (tiga) yaitu :

  • SIUP BESAR, diberikan kepada perusahaan yang memiliki modal dan kekayaan bersih atau modal disetor dalam AKTA PENDIRIAN/PERUBAHAN dengan nilai diatas Rp.500.000.000,- (limaratus juta rupiah).
  • SIUP MENENGAH, diberikan kepada perusahaan yang memiliki modal dan kekayaan bersih atau modal disetor dalam AKTA PENDIRIAN/PERUBAHAN dengan nilai diatas Rp.200.000.000,- (duartus juta rupiah) s/d Rp. 500.000.000,- (limaratus juta rupiah).
  • SIUP KECIL, diberikan kepada perusahaan yang memiliki modal dan kekayaan bersih atau modal disetor dalam AKTA PENDIRIAN/PERUBAHAN dengan nilai sampai dengan Rp.200.000.000- (duartus juta rupiah).

PROSEDUR PERMOHONAN

  1. Perusahaan mengambil formulir, mengisi dan mengajukan permohonan SIUP beserta persyaratannya melalui Kantor Dinas Perindustrian & Perdagangan Kota/Wilayah sesuai domisili perusahaan untuk permohonan SIUP Menengah dan SIUP Kecil
  2. Sedangkan untuk permohonan SIUP-BESAR diajukan melalui Kanwil Perindustrian dan Perdagangan Kota/Propinsi sesuai domisili perusahaan

PERSYARATAN
Copy Akta pendiran (asli diperlihatkan)
Copy Akta perubahannya & Laporannya, jika ada (asli diperlihatkan)
Copy SK. Menteri Hukum & HAM RI (asli diperlihatkan) atau Bukti PNBP untuk PT-Baru
Copy Surat Keterangan Domisili perusahaan, (asli diperlihatkan)
Copy SITU-Surat Izin Tempat Usaha (bagi perusahaan yang dipersyaratan)
Copy Kontrak/Sewa T.Usaha/Surat Keterangan dari pemilik gedung
Copy NPWP-Nomor Pokok Wajib Pajak (asli diperlihatkan)
Copy KTP Pemegang Saham atau NPWP jika Badan Usaha
Copy KTP Pengurus Perseroan (Direksi & Komisaris)
Copy KK jika Pimpinan/Penanggung Jawab perusahaan adalah Wanita
Pas Photo Direktur Utama/Pimpinan Perusahaan (3 x 4) 2 lembar
Copy Neraca Awal Perusahaan

MASA BERLAKU
SIUP berlaku selama perusahaan masih menjalankan kegiatan usaha perdagangan barang/jasa sejak tanggal dikeluarkan.

BIAYA PENGURUSAN SIUP

GOLONGAN — BIAYA —– PROSES —— BIAYA SUDAH TERMASUK
– BESAR —— Rp. 2.750k – 10 Hari Kerja — Pengambilan Formulir & Persyaratannya
– MENENGAH –  Rp. 1.750k – 10 Hari Kerja — Persiapan dan Pemeriksaan
– KECIL ——  Rp. 850k —  10 Hari Kerja — Pengajuan Permohonan SIUP Biaya Administrasi & Fee Jasa Kami – Legalisir Copy SIUP oleh Notaris – Pas Photo 3 x 4= 2 lembar

Responses

  1. Kepada Fadla,

    Saya berencana mendirikan Usaha Dagang dimana akan menjual barang2 yang diimport dari luar negeri berupa spare sepeda. Sekiranya izin-izin apa saja kah yang saya perlukan?. Dan apabila anda dapat mengurusnya, mohon detail dari biaya-biaya tersebut. Saya tunggu balasan anda. Terima kasih

    Regards
    Dhana

  2. gimana kalo siup ganda sah apa nggak n apa dasarnya kalo dia sah n apa dasarnya kalo nggak sah

  3. kepada yang mengerti tentang pertanyaan saya ini tolong pemberitahuannya, sekalian nambah ilmu buat generasi muda kayak aku

  4. Saya berencana akan mendirikan Usaha Dagang untuk menjual produk-produk kosmetik & kesehatan atau produk kesehatan yang akan diimpor dari luar negeri. Kira-kira apa saja yang harus disiapkan dan berapa biayanya? Apakah anda dapat membantu pengurusannya?

    Terima kasih, Hanafi

  5. Alhamdulillah ada artikel yang sangat membantu,
    Terimakasih bagi yang punya Blog atas sharing ilmunya. Smoga menjadi ilmu yang bermanfaat.
    Klo berkenan, tolong kirim dunk secara private ke mail saya:wawan.purwanto@yahoo.com
    Sekali lagi terimakasih

  6. kalo izin praktek dokter gimana harus ada siup juga

  7. Nice post…trims

  8. SAYA INGIN MEMBUAT USAHA DAGANG BIASA UTK KEBUTUHAN POKOK BAGAIMANA CARANYA?

  9. bagaimana mencari info siup perdagangan di Indonesia ya pak

  10. saya ingin jual beli pupuk pertanian dan perkebunan, apa langkah awal yang harus saya lakukan dan apa saja yang dibutuhkan

  11. dear

    saya mau buat siup dan tdp untuk cv saya akan tetapi cara ngurusnya bagaimana yah, trs legal dokumen cv saya sudah lama tahunnya dr 1993

  12. dear
    bu pak bagaiman cara bikin izin usaha dagang
    trims

  13. Saya ingin mendirikan PT, bidang Kontraktor dan Pengadaan Baraang & Fasa dengan SIUP kecil. Berapakah biayanya jika semua untuk semua perijinan dan legalitasnya. Misal untuk :
    1. akta notaris
    2. domisili
    3. npwp
    4. siup
    5. SK Perusahaan Kena Pajak
    6. anggota KADIN
    7. Sertfikat Badan Usaha (SBU) dari GAPENSI/asosiasi lain yg lebih murah

    Untuk menjadi peserta tender Pemerintah.
    Berapa lamakah?
    dan apa saja persyaratan yang diperlukan untuk itu.

    Atas perhatiannya diucapkan terima kasih,
    mohon dapat di email atau via forum ini, mana yg lebih cepat
    Salam dan terima kasih

    7

  14. mohon bantuanya ! saya bekerja dibidang jasa electronic service, setiap saya melakukan kontrak kerja sama saya selalu ditanyakan punya SIUP belum ? saya tinggal di kabupaten bandung jawa barat. jawab saya belum hanya punya NPWP saja. dari situlah saya ingin mempnyai SIUP. Tapi setiap saya tanya teman2x tata cara pembuatan SIUP belum ada yang tahu. jadi tolong bagaimana caranya alur nya dari mana dulu. apakah ada keterangan RT, RW Kelurahan kecamatan atau gimana. mohon bantuanya trims

  15. Saya ini mengikuti pengadaan bahan jembatan rangka baja, apakah yang sesuai dengan bidang dan sub bidang untuk pembuatan siup dan bagaimana prosesnya

  16. untuk SIUP hanya dibatasi 4 KBLI. Apakah kita bisa mengajukan permohonan SIUP lagi untuk penambahan KBLI atau bagaimana caranya sehingga ada beberapa item dalam KBLI yang kita inginkan dapat terpenuhi dalam SIUP, mohon penjelasannya. terimakasih

  17. selamat siang Pak, saya mempunyai usaha berupa home industry pembuatan roti. apakah perlu untuk mengurus situ & siup juga? trm ksh.

  18. Saya lagi mau buka cabang dan Usaha Dagang di Bali, persyaratannya apa aja. Mohon infonya.
    Trims

  19. Saya ingin membuat usaha dagang kecil-kecilan, tapi saya kreditkan, pa perlu pake SIUP?makasih..

  20. Pagi Pak / Bu
    Saya berminat buat UD seperti toko pengadaan ( toko material, alat2 tulis kantor ,jual sprei tidur dll ) apakah ijin nya harus ke departemen perdagangan, menteri kehakiman dan pakai laporan keuangan ( neraca ) ?

    Ijin apa saja yang harus saya punya juka membuka toko ?

    terima kasih sebelum dan sesudahnya
    Wassalam
    Agus

  21. selamat Pagi menjelang siang untuk Bapak/ Ibu pemilik blog ini.
    saya ingin membuka sebuah UD.( untuk penyedian alat2 dan perlengkapan sekolah. seperti contohnya, papan data, papan tulis alat2 peraga dsb), surat-surat apa sajakah yang saya perlu lengkapi dalam hal pengurusan surat ijin usaha.. saya mohon bantuan.. terima kasih.. tlong kirim email ke alamat ini: umbu_hiwa@yahoo.com. atas bantuan dan kerja samanya.. saya terima kasih..

  22. Malam Pak/Bu
    Saya berminat membuat UD toko penjualan tas (travel bag)
    Sistem penjualan:
    – e-commerce (via online)
    – produk dibuat perusahaan lain (re-selling tetapi dengan brand sendiri)
    Apakah memerlukan Surat izin usaha dan Tanda Daftar Perusahaan?
    Jika pakai izin, mengenai lokasi usaha diisi seperti apa?
    mengingat usaha yang mau didirikan tidak mempunyai lokasi yang pasti.

    Terima kasih atas balasannya
    nb: mohon dibalas via e-mail
    n4t4n_es@yahoo.co.id

  23. nice share sob sangat membantu..^_^

  24. askum….bu.pak… saya mau bikin usaha ddagang. tapi sekala kecil bisa ga ….dan gmana caranya,,,,,?


Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

